Alat - Alat Clay atau Sculpting untuk Pemula

Senin, 26 Desember 2016

Halo, apa kabar kalian semua? Aku udah lama gak ngeblog nih, hampir sebulan hahaha.. Oia, sebulan terakhir ini aku gak ngeblog, soalnya lagi asik belajar sculpting, hehe..

Blog aku kali ini masih seputar sculpting. Buat kamu yang baru mau coba - coba belajar sculpting, jangan kemana-mana ya, tetep stay tune di sini aja. *nyengir*

Berikut adalah alat - alat apa aja yang kamu butuhkan dalam proses belajar sclupting. (Ini di ambil dari pengalaman aku selama sebulan terakhit ya). Di urut dari yang paling sering di gunakan.

1. Cutter

alat-alat-clay-atau-sculpting-untuk-pemula.jpeg.jpegCutter ini adalah alat pemotong. Iya, iyalah Andria cutter buat motong. Hahahahaha.... Aku biasa gunakan cutter ini untuk memotong clay atau juga untuk memotong bagian - bagian clay yang ingin aku bentuk. Btw, ini aku punya dua jenis cutter ya. Yang pertama cutter biasa untuk motong clay dari bungkusnya dan yang satu lagi cutter pen yang ujungnya lebih runcing dari cutter biasanya. Cutter ini aku gunakan untuk memotong bagian clay yang sudah aku bentuk. Berhubung ujungnya cukup lumayan runcing, sangat membantu aku dalam memotong bagian yang cukup kecil. Harga cutter biasa, perkiraan 9 - 15 ribu rupiah dan untuk cutter pen perkiraan 25 - 50 ribu rupiah. Kamu bisa dapetin keduanya di gramedia, artland atau toko - toko alat tulis. Lumayan cukup mudah di cari.

2. Silicon Tools atau Shapper Clay

silicone-tools.jpeg.jpegAku tau tools ini dari youtube, awalnya ku pikir tools ku udah lengkap dan cukup membantu. Tapi ternyata setelah nonton tutorial youtube, aku sadar kalau aku butuh alat ini untuk membentuk atau menyambungkan clay tanpa harus takut ada bekas sidik jari. Dari 5 silicone tools yang ada, semua kepake sama aku, jujur tools ini yang paling useful setelah cutter. Aku beli silicone tools ini online, harganya perkiraan 60 - 100 ribu rupiah.

3. Almunium Clay Sculpting Tools

alat-alat-sculpting-untuk-pemula.jpeg.jpegNah, untuk tools yang kali ini sangat membantu aku untuk menghaluskan permukaan dari berbagain sudut. Biasanya almunium tools ini sudah di jual satu paket, jadi kamu gak perlu beli satuan. Kamu bisa temuin tools ini di artland atau toko online. Perkiraan harga 50 - 60 ribu rupiah.

4. Dotting Tools

alat-alat-clay-untuk-pemula.jpeg.jpegKalau tools yang ini kamu bisa dapetin dimana aja. Gak harus beli yang khusus untuk clay. Punya ku ini dotting tools untuk nail art loooh, hahaha.. Aku beli online, sepaket 12 - 13 ribu rupiah. Murah banget, satu paket dapat 5 tools which is 10 macam dotting :D

5. Modelling Tools

alat-alat-clay-atau-sculpting-untuk-pemula-02.jpeg.jpegIni adalah additional tools yang mungkin bisa kamu miliki. Untuk aku pribadi, dari semua tools dalam paket ini, aku cuma pake 3 doank. Dan kenapa aku beli ini? Jawabannya, karna toolsnya warna pink, hahahahaha...
Tools ini bukan hanya untuk clay ya, tapi kamu juga bisa gunakan untuk alat bantu untuk membentuk kue. Mungkin next aku akan lebih banyak pake tools ini biar lebih memaksimalkan tools yang udah di beli, hehehe (masa sih? :p) Oia, hampir lupa, harga tools ini sepaket 25 ribu rupiah aja.

Nah, itu dia 5 paket tools yang aku gunakan untuk latihan sculpting. Sampai saat ini aku masih latihan, nanti kalau udah ada yang jadi aku share ke kalian semua yaaa. Kalau masih ada yang bingung, feel free to ask me on comment box.

See you in the next articles and don't forget to follow this blog and share tulisan aku ini. :D
Semoga bermanfaat untuk kamu yang baru belajar sculpting.



7 komentar:

  1. Mau liat dong gimana kegiatan sculpting nyaaa^^

    BalasHapus
  2. Hehe, nanti aku upload ya. Masih baru banget belajar jadi belum bagus 😝😝😝

    BalasHapus
  3. Beli alat clay di online mana kak..

    BalasHapus
  4. kamu bisa beli di sini https://www.tokopedia.com/andtique :)

    BalasHapus
  5. Bahan clay yg dipake clay apa yak?
    Msh baru belajaran…

    BalasHapus
  6. Modelling tools warna pin k harga 25.000 beli di mana?bisa nitip beli atau di jualkah?

    BalasHapus
  7. Aku jual kok, bisa ke cek ke tokopedia "Antique Gallery" :)

    BalasHapus