7 Trik Pintar Fotografi dengan Smartphone Kamu

Rabu, 07 Oktober 2015

Hallo, kembali lagi saya akan mengulas trik dan tips dalam fotografi. Kali ini kita akan bicara mengenai trik foto dengan menggunkan smartphone. Sumber artikel saya kali ini adalah dari sebuah video yang di unggah olah salah satu akun youtube Cooph. Pada video tersebut dijelaskan 7 cara mudah mengambil foto yang kece hanya dengan smartphone kamu.

Berikut 7 trik fotografi dengan smartphone yang bisa kamu ikuti :

Panorama Sequence
sebagian dari kita pasti seneng banget mengambil foto dengan salah satu fasilitas ini. Tapi pernah kan kamu terlintas membuat sebuah foto dengan trik yang mudah dan menghasilkan gambar yang mengagumkan? Untuk membuat trik ini kamu hanya memerlukan bantuan satu teman mu untuk mengambil gambar dan sebuah smartphone. Okee trik ini dimulai saat pengambilann gambar dimulai. Saat teman kamu mengambil gambar dengan camera panorama, berpindah pindahlah pada posisi yang berbeda dalam track pengambilan gambar, ini akan menghasilkan bentuk gambar yang seolah-olah kamu memiliki kekuatan membelah diri tanpa harus menggunakan editan photoshop (apa sih bahasa gue). Trik ini disebut dengan (Kalau bingung sama penjelasan saya cek di video aja ya hihi)

Pano Drive-by
Untuk kamu yang bosan dalam perjalanan menuju tempat tujuan kamu, coba lah melakukan trik berikut ini. DIjamin hasilnya bisa kamu bagian di sosmed dan kamu akan terlihat lebih ketje :D Masih dengan camera panorama. Hidupkan camera panorama pada smartphone kamu, lalu balik smartphone kamu dari sisi yang diatas ke bawah dan sisi yang di bawah keatas. Setelah itu ambil lah gambar pemandangan jalan yang kamu nginkan dan lihat hasilnya, menakjubkan bukan?

Zoom Lens
Trik ke tiga ini, kamu membutuhkan sebuah binoculars dan sebuah smartphone Kita sama-sama tau kalau zoom kamera hp itu sangat standar dan tidak bisa menghasilkan zoom yang maksimal. Untuk itu kita gunakan binoculars untuk membantu kamera smartphone menangkap sebuah objek yang cukup jauh. Caranya mudah, cukup dekatkan kamera hp kamu dengan ujung binoculars seperti contoh di video, dengan begitu kamu akan mendapatkan sebuah gambar dengan fokus zoom yang sempura seperti menggunakan kamera canggih.

Macro Lens
Ingin membuat sebuah gambar dengan hasil seperti kamera dslr? Berikut trik cantik yang bisa kamu gunakan. Pertama siapkan air dan sebuah smartphone. Kedua teteskan sedit air pada lensa smartphone kamu, pastikan tetsan air itu tidak mengalir dari permukaan lensa. Setelah itu cari objek kecil untuk kamu foto. Pada video tersebut kamu bisa melihat tim Cooph menggunkan seekkor laba-laba untuk mempraktikan trik ini. Dan hasilnya dapat kamu lihat sendiri :D

Reflector
Yap, reflektor ini sering digunakan dalam trik pengambilan foto professional. Tapi bukan hanya seorang profesional saja yang bisa menggunkan reflektor, km juga boleh kok menggunkan trik ini untuk menghasilkan foto yang maksimal walau hanya dengan sebuah kamera ponsel. Reflektor dalam fotografi memiliki fungsi untuk mengurangi kontras bagian yang terang dan bagian yang gelap atau untuk menciptakan sebuah refleksi cantik pada mata untuk memberikan kesan yang manis pada sebuah foto potrait yang dihasilkan.

Tripod and Shutter Cable
Pada trik ke enam ini, Matthew Rycroft memberikan semuah tutorial membuat tripod untuk smartphone dan juga cara menggunakan headset sebagai shutter cable.

Underwater Housing
Trik terakhir adalah trik pengambilan gambar di bawah air untuk jenis smartphone yang tidak bisa nyemplung ke air. Trik ini cukup mudah, kamu hanya membutuhkan sebuah gelas bening dan sebuah smartphone untuk mencobanya. Kelemahan trik ini tentu kamu gak bisa menggunakan trik ini di dalam air, melainkan hanya dalam permukaan air saja, hehe..

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=fTz4Nhgm_SQ]

Well, gimana? Cukup lumayan seru kan trik dan tipsnya. Yuk kita cobain. Kalau kamu punya trik dan tips selain list diatas, share di kolom komentar ya ^^

15 komentar:

  1. Yang underwater housing itu emang epic banget... hasilnya jd semacam kamera underwater plus tabung.

    BalasHapus
  2. Hihi iya mas.. Aku udah nyobain tp blm berhasil sama komposisi gambarnya jd blm berani posting ^^
    Tp overall kece bgt hasilnya, gak nyangka kalau foto pake smartphone..

    BalasHapus
  3. suka yang tripodnya ituuuu :D
    simple tapi fungsional

    BalasHapus
  4. Hihi, harus banget di coba. Aku udah nyobain gak nyangka itu bekerja bgt dan efisien :D

    BalasHapus
  5. Bermanfaat sekali. Apalagi untuk kita yang hobi traveling,

    BalasHapus
  6. Hihi senangnya kalau bermanfaat. Beberapa trik emang bagus buat kita yg suka jalan-jalan.. ^^

    BalasHapus
  7. Keren... keren... bisa di coba nih kalo lagi bepergian. Tapi besarnya pixels pada kamera juga mempengaruhi loh kak .__. kalo kameranya 2 MP ya hasilnya gak begitu bgs kalo pencahayaannya kurang XD

    BalasHapus
  8. Hahahaha iya tetep tergantung hpnya jg sih xD

    BalasHapus
  9. Keren juga nih.... bisa dipraktekkan waktu lagi travelling dan nggak punya kamera yg bagus....

    BalasHapus
  10. Akuuuu cuma pake mode auto aja. Thok. Sebagai blogger yang ngaku traveler, aku merasa gagaaaal :'(

    BalasHapus
  11. ayo ayo cobain trik diatas, biar keliatan pro hihihi.. Ssstt.. Aku jg kalau pasrah dan capek pake model auto, masalah terselesaikan :v

    BalasHapus
  12. bagus mbak..tapi lebih bagus lagi klo per teknik ada contoh gambarnya hehehe..gimana? setubuh gak? :D

    BalasHapus
  13. Wuih keren2 triknya... wajib disave ni

    BalasHapus